Belum Dapat Dana Desa Juga? Periksa Persyaratannya…!

Sebagai salah satu organisasi pemerintah yang secara politis memiliki kewewenangan tertentu untuk mengurus dan mengatur warga atau klompoknya, saat ini desa tengah diistimewakan dengan pemberlakuan Undang – undang No 6 tahun 2014.

Berdasarkan UU tersebut, sejak awal kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan memperkuat ekonomi nasional dari dalam. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memberikan insentif berupa dana desa yang besarannya mencapai Rp1miliar per desa.

Di beberapa daerah di Indonesia, dana tersebut sudah dapat dicairkan dan sudah mulai digunakan untuk mensejahterakan desa. Di Sukoharjo misalnya, sebagaimana diberitakan oleh http://krjogja.com hari ini, kabupaten yang terletak di Jawa Tengah tersebut sudah mendapat dana desa sebesar Rp43.043.059.000.

Namun, masih ada juga beberapa daerah yang belum menikmati kucuran dana desa. Kenapa bisa terjadi hal seperti itu? Apa masalahnya? Padahal rencana awalnya dana desa ini turun pada pertengahan bulann ini.

Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjelaskan, dana desa yang sedianya cair pertengahan April 2015 memang terpaksa mundur karena ada revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2014.

Pemerintah berjanji akan segera menurunkan dana tersebut dalam waktu dekat. Jika sesuai rencana maka memasuki akhir bulan ini dana tersebut sudah bisa diturunkan.

Akan tetapi hal itu hanya salah satu sisi saja. Disisi lain, penundaan dana juga bisa terjadi karena ada beberapa desa yang belum memenuhi persyaratan.

Sebagaimana dikatakan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar pada Januari lalu, setidaknya ada dua hal yang harus dipersiapkan desa jika ingin mendapatkan dana tersebut.

Pertama, rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMdes), dan kedua, rencana kerja pembangunan desa (RKPdes).

“Kalau tidak ada dua hal itu, dana desa tidak bisa keluar,” ujar Marwan, di Kantor Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan, sebagaimana diberitakan oleh kompas.com Kamis (8/1/2015).
Sumber:
http://krjogja.com/read/257421/pemerintah-kucurkan-dana-desa-rp-43-m-ke-sukoharjo.kr
http://nasional.kompas.com/read/2015/01/08/18000511/Ingin.Dana.Rp.1.4.Miliar.Ini.yang.Harus.Disiapkan.Desa

Baca Artikel Terkait
Pencairan Dana Desa Mundur
80% Desa Sudah Siap Mendapat Dana, Sisanya Masih Bisa Menyusul

 

INFORMASI LEBIH LANJUT, HUBUNGI KAMI DI:
Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD)
Jln Solo Km 9 Yogyakarta (55282)
Telp 0274-488599
deny@syncoreconsulting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.