Dana Desa Turun Tapi Bingung Cara Memanfaatkannya.

Ada uang bukan berarti semua masalah selesai. Kiranya masalah itulah yang dialami oleh para kepala desa di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara. Sebagaimana dilansir dari laman republika.co.id, senin (21/09/2015), mereka kesulitan menggunakan dana desa tahun 2015 karena belum mampu membuat rencana anggaran biaya dan laporan penggunaan dana.

“Kami para kepala desa di Buton Selatan sudah menerima dana desa tahun 2015 sejak awal September, namun hingga sekarang belum bisa berbuat apa-apa dengan dana tersebut karena khawatir penggunaannya tidak sesuai petunjuk dari kementerian,” kata Kepala Desa Uwe Maasi, La Ode Nafaruddin, di Kadatua, Senin (21/9).

Menurut dia, sebelum para kepala desa menerima dana desa tersebut, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menginformasikan para kepala desa akan didampingi seorang pendamping yang ditunjuk oleh pemerintah pusat.

Namun hingga dana tersebut diterima para kepala desa, kata dia, tenaga pendamping belum juga ada.

“Kalau kami tidak segera diberikan pentunjuk dari penggunaan dana desa ini, dapat dipastikan dana ini tidak akan terserap seluruhnya,” katanya.

Pengalaman Lembaga Kajian Pemberdayaan Desa (LKPMD) dalam mendamingi desa juga menunjukkan hal serupa, tidak sedikit pemerintah desa yang justru bingung dan takut memanfaatkan dana desa untuk kemajuannya.

Saat ini, paska SKB tiga menteri, pencairan dana desa menjadi lebih mudah dilakukan. Namun masalah-masalah seperti yang dialami oleh para kepala desa di Kabupaten Buton Selatan itu tidak mungkin dapat diabaikan begitu saja.

Berangkat dari pengalaman dan kenyataan tersebut, kami membuka diri untuk memberikan pelatihan dan pendampingan desa yang ingin maju. Mendapatkan dana desa / memanfaatkan dana desa untuk kemajuan desa / hingga mempertanggungjawabkan pemanfaatan dana desa.

Informasi lebih lanjut hubungi kami di :
Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD)
SYNCORE BUILDING
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599 Phone: 087738 900 800
Email : deny@syncoreconsulting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.