Manfaatkan Dana Desa Untuk Pemenuhan Layanan Sosial, Caranya?

Pemerintah melalui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar sudah berkali-kali mengimbau bahwa dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat sebaiknya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sosial dasar masyarakat desa.

Terakhir, Kamis lalu (20/8/2015). Menurutnya, dengan adanya paradigma baru, desa mempunyai wewenang untuk menggunakan dana desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Oleh karena itu, pihaknya telah mengatur melalui Peraturan Menteri (Permen) beberapa proses dan prosedur dalam penggunaan dana desa.

Dalam Peraturan Menteri Desa (Permendesa) nomor 5 tahun 2015 tentang Prioritas Pengelolaan Dana Desa, lanjut dia, telah dijelaskan empat item prioritas penggunaan Dana Desa untuk pembangunan Desa.

“Semua bertujuan untuk mencapai pembangunan Desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan,” ujar Marwan di Jakarta seperti dikutip dari laman okezone.com.

“Empat hal itu adalah pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan,” sambung dia.

Dengan tersedianya kebutuhan layanan sosial, pemerintah berharap masyarakat desa tidak lagi kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan, pendidikan, maupun pelayanan sosial lainnya.

“Kebutuhan akan layanan sosial dasar ini juga menjadi prioritas dari Kementerian Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” tutupnya.

Masalahnya kemudian, bagaimana cara memanfaatkan dana desa untuk pemenuhan layanan sosial? Apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana membuat perencanaannya? Cari tahu jawabannya di :

Lembaga Kajian Masyarakat Desa (LKPMD)
SYNCORE BUILDING
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599 Phone: 087738 900 800
Email : deny@syncoreconsulting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.