Manfaatkan Potensi Alam Desa Sebagai Wisata

Pengalaman dan pengamatan kami dari beberapa klien desa menunjukkan bahwa tidak sedikit perangkat desa yang masih belum memahami apa potensi desanya. Hal itu terjadi karena umumnya mereka memandang yang namanya potensi sama dengan industri, mesin dan barang.

Padahal, jika melihat lebih dalam. Potensi bisa berupa apa saja, termasuk kebudayaan atau tradisi, kekayaan alam hingga pemandangan desa yang sering dianggap biasa oleh para penduduk desa.

Seiring dengan berkembangnya kelas menengah baru yang mumumnya masih muda dan enerjic, trend wisata alam dan desa juga turut berkembang. Hal tersebut direspon oleh desa – desa yang peka dengan perubahan zaman. Dalam tiga tahun terakhir, perkembangan desa wisata di Indonesia berkembang cukup pesat.

Terakhir, sebagaimana diberitakan http://www.antaranews.com/, pemerintah Kota Denpasar, Bali, mengembangkan enam desa wisata. Mereka optimis desa – desa baru tersebut akan menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara dan domestik.

Sebagaimana desa – desa wisata lain, pola desa wisata dibali ini juga mengedepankan potensi alam dan tradisinya sebagai daya tarik utama wisata. Tidak ada hotel berbintang, atau pusat perbelanjaan besar seperti di kota – kota.

Nantinya, jika ada wisatawan yang ingin bermalam, mereka bisa menginap di rumah penduduk setempat. Dari pengalaman klien – klien kami, para wisatawan tidak ada yang mengeluhkan hal semacam itu.

Bahkan umumnya mereka menikmati bermalam di rumah warga dengan suasana desa sebagai bagian dari wisata itu sendiri. Kelas menengah baru yang umumnya tumbuh di kota – kota besar sudah jenuh dengan gedung – gedung dan AC. Mereka lebih tertarik dengan sesuatu yang alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.