Batola Berhasil Melepas Setatus “Desa Tertinggal”, Selanjutnya Siapa?

Salah satu desa di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, belum lama ini dikabarkann berhasil melepaskan statusnya sebagai Kabupaten Tertinggal.

Kabarnya, keberhasilan Batola untuk berkembang dan terus melaju itu tidak lepas dari peran Dana Desa yang sudah mulai dikucurkan untuk desa – desa yang sudah memenuhi persyaratan (RPJMDes, RKPDes dan APBDes) – Baca: Menanti dana desa rencana optimasi dana desa harus siap

Karenanya Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT&T) Marwan Ja’far siaran dalam siaran pers yang disampaikan kepada media menyatakan bahwa kedepan, desa – desa di seluruh Tanah Air juga memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan maju.

“Saya percaya, desa-desa di Batola ini bisa menggunakan dana desa untuk kemakmuran masyarakat,” kata Marwan seperti diberitakan oleh http://nasional.sindonews.com/

Ddari Rp20 triliun dana desa yang dialokasikan Pemerintah Pusat tahun ini, desa di Batola mendapatkan alokasi sekitar Rp53 miliar. Jadi, jika dibagi rata ke 194 desa yang terdapat di Kabupeten ini, masing-masing mendapatkan sekitar Rp270juta.

Namun, tentu saja jumlah detilnya dana yang diterima setiap desa akan berbeda. Karena ada empat juklak yang menjadi dasar perhitungan, yakni jumlah penduduk, luas wilayah, kesulitan geografis, dan kemiskinan.

Jika sesuai rencana, tahun depan anggaran dana desa akan dinaikan pemerintah pusat. Sehingga secara otomatis dana yang diterima setiap desa juga bertambah.
“Secara bertahap akan terus dinaikan setiap tahun sehingga kemudian sampai pada target setiap desa mendapatkan Rp1,4triliun,” jelasnya.

Setelah Batola, selanjutnya desa mana yang akan melepas Setatus “Desa Tertinggal”? Sudah pantas dan siapkah desa anda menerima dana desa?

CARI TAU JAWABANNYA DISINI : 
Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD)
Jln Solo Km 9 Yogyakarta (55282)
Telp 0274-488599
deny@syncoreconsulting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.