Kurang 35%, Desember Penyerapan Dana Desa Harus 100%

Memasuki akhir tahun anggaran, pemerintah tampaknya semakin ingin cepat-cepat menyalurka dana desa. Hingga desember nanti, atau tiga bulan dari sekarang, pemerintah ingin dana desa sudah terserap 100%.

Mengutip dari laman kompas.com Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, menyatakan bahwa dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat ke kabupaten sebenarnya sudah mencapai 100 persen.

Namun, dari kabupaten ke desa ada banyak kendala hingga penyaluran dana desa kurang lebih baru mencapai 65 persen.

“Dari kabupaten ke desa memang masih banyak kendala, sekarang sudah mencapai 65 persen. Pertanyaan selanjutnya setelah disalurkan dari kabupaten ke desa apakah sudah dibelanjakan atau belum?” kata Marwan, usai rapat dengar pendapat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menuturkan, hingga kini baru 45 persen dana desa yang sudah terserap dan dibelanjakan oleh desa. Menurut dia, mayoritas penyerapan dana desa digunakan untuk pembelanjaan infrastruktur.

“Tiap hari kita pantau dan setiap hari terus akan nada pergerakan mengenai dana desa. Desember, 100 persen dana desa sudah harus terserap, jika memang belum maksimal, diberikan toleransi sampai Januari dan Februari,” ujarnya.

Mengenai mandeknya pencairan dana desa di beberapa kabupaten yang akan melaksanakan pilkada, Marwan menegaskan, pencairan dana desa harus segera dilakukan dan tidak harus menunggu pelaksanaan pilkada.

“Tidak ada kebijakan seperti itu, dana desa harus segera disalurkan. Jika tidak disalurkan dengan alasan menunggu pelaksanaan Pilkada, berarti pemerintah provinsi, kabupaten dan kota tersebut melanggar undang-undang. Dan akan dikenakan sanksi, karena kita sudah sepakat bahwa dana desa harus segera di salurkan,” tuturnya.

Cari tahu lebih lanjut cara menyelesaikan masalah penyaluran dana desa di :
Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD)
SYNCORE BUILDING
JLN SOLO KM 9 YOGYAKARTA 55282
Telp 0274-488599 Phone: 087738 900 800
Email : deny@syncoreconsulting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.