Menanti Dana Desa, RPJMDes, RKPDes dan APBDes Harus Siap.

IMG_0565Memasuki bulan ke lima tahun 2015 ini, alokasi dana desa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 dikabarkan akan segera dicairkan.

Untuk itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar meminta kepada seluruh kepala desa agar segera menyiapkan rencana optimalisasi dana desa.

“Untuk mencairkan dana desa, harus disiapkan minimalkan tiga hal, RPJMDes, RKPDes dan APBDes. Yang belum penuhi, segera dipenuhi. Ini akan dibagikan 161 desa yang ada di sini. Gunakan seoptimal mungkin untuk membangun desa, silakan atur sesuai dengan kebutuhan desa masing-masing, termasuk membuat BUMDes,” kata Marwan dalam siaran persnya, Senin (4/5/2015) sebagaimana diwartakan oleh http://nasional.sindonews.com/

Jika sesuai rencana, realisasi dana desa tahun ini akan mencapai Rp 20 triliun, tiap – tiap desa mendapat sekitar Rp 240-270 juta. Di tahun-tahun berikutnya anggaran dana desa akan ditingkatkan. Pada tahun 2016 totalnya menjadi lebih dari Rp 43 triliun.

Jika mengamati besaran dana yang akan dikucurkan tersebut rasanya wajar pemerintah pusat bersikap tegas, mewajibkan adanya RPJMDes, RKPDes dan APBDes.

Namun masalahnya, apakah semua desa sudah memahami apa itu RPJMDes, RKPDes dan APBDes? Bagaimana alur dan cara menyusunnya?

Kami, Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD) memahami betul problem pemerintah desa tersebut. Pengalaman kami melakukan penyuluhan, pelatihan hingga pendampingan telah membuat kami melihat secara langsung berbagai macam problem dan pemecahannya.

Guna mensejahterakan masyarakat desa dan mewujudkan cita – cita Indonesia Hebat, kami tidak pernah berhenti melakukan pembelajaran, pelatihan dan pendampingan. Bahkan hingga saat ini, tim kami masih konsisten melakukan pendampingan di berbagai daerah di Indonesia.

INFORMASI LEBIH LANJUT, HUBUNGI KAMI DI:
Lembaga Kajian Pemberdayaan Masyarakat Desa (LKPMD)
Jln Solo Km 9 Yogyakarta (55282)
Telp 0274-488599
deny@syncoreconsulting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.