Monitor dan Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Desa

monitoring

 

Monitor dan evaluasi pembangunan pemberdayaan desa adalah pengukuran kemajuan atas objektif program dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas program pendampingan pemberdayaan masyarakat desa, sehingga fokus ditujukan kepada proses, output, dan manfaat yang diperoleh dengan adanya pemberdayaan desa.

Sebagai langkah setelah adanya pendampingan oleh LKPMD,  desa Patakbanteng dan desa Campursari di Kejajar Wonosobo serta di kampong Santan, desa guwosari, kecamatan Pajangan, Kab. Bantul adalah monitor dan evaluasi pendamping terhadap program maupun kegiatan yang telah dilaksanakan.

Masyarakat desa Tujuan dari monitor dan evaluasi pembangunan pemberdayaan masyarakat desa adalah menilai efektifitas dan efisiendi dari kegiatan atau program yang telah dijalankan dengan mengacu pada ketepatan prosedur pelaksanaan program. Selain itu, monitor dan evaluasi juga bertujuan untuk mengukur kemajuan program dan penggunaan anggaran program yang digunakan sesuai dengan bidang atau program yang digunakan.

Permasalahan yang dihadapi dari masyarakat, hampir tidak semua masyarakat desa mampu membina dan mengawasi terhadap program/kegiatan desa yang telah dilaksanakan baik terkait program pelaksanaan maupun sistem keuangan, manajemen, dan pemasaran desa akan produk-produk yang dapat ditonjolkan dari potensi per masing-masing desa.

Diharapkan dengan adanya monitor dan evaluasi terkait pembangunan dan pemberdayaan desa, masyarakat lebih terpacu dalam melaksanakan program/kegiatan yang telah direncanakan maupun dianggarkan sebelumnya dan peran pendamping desa mampu memaksimalkan kinerja maupun potensi desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.