Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Santan Kec. Pajangan Kab. Bantul

IMG_7254

Kampung Santan yang terletak di Desa Guwosari, Kecamatan pajangan, Kabupaten Bantul yang berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Yogyakarta merupakan salah satu kampung yang dikenal dengan kerajinan batok kelapa, karena mayoritas warga kampung Santan berprofesi sebagai pengrajin cinderamata yang berasala dari batok kelapa yang diolah menjadi gelas, mangkok, piring, sendok, garpu dan lain sebagainya.

Kerajinan batok kelapa ini telah berdiri sejak tahun 1991 dengan peluang dan potensi yang menjanjikan yaitu penjualan ekspor ke berbagai negara serta penjualan lokal di sekitar daerah Yogyakarta.

Selain terkenal karena potensi kerajinan batok kelapanya, kampung Santan juga dikenal akan potensi kulinernya yaitu ayam ingkung dan potensi budaya berupa Kenduri budaya yang masih dilestarikan di kampung tersebut.
IMG_7223

Permasalahan yang dihadapi masyarakat kampung Santan ialah belum dapat mengidentifikasi dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada menjadi sebuah peluang yang dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakatnya serta belum adanya tata kelola manajemen kampung Santan.

Adanya pendampingan dan monitoring evaluasi yang dilakukan oleh tim LKPMD bertujuan untuk membantu masyarakat kampung Santan dalam memaksimalkan potensi-potensi dan tata kelola manajemen yang ada dengan melatih masyarakat melalui pendekatan bisnis berbasis Social Enterprise.

Manfaat yang diperoleh dari pendampingan, monitoring, dan evaluasi yaitu masyarakat Kampung Santan menjadi mandiri dan selalu berinovasi terhadap potensi-potensi yang dapat dimaksimalkan dan mengolah tata kelola manajemen yang baik. Selain itu, manfaat lain yang diperoleh adalah sebagai salah satu langkah untuk mempersiapkan kampung Santan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Diharapkan, program pendampingan, monitoring, dan evaluasi di kampung Santan mampu dicontoh dan diterapkan di kampung maupun Desa-desa lainnya dengan meningkatkan kreatifitas dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada menjadi sebuah peluang yang nantinya mampu memakmurkan warganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.