Pendampingan Penyusunan RKP Desa

pendampingan

Perubahan paradigma dari membangun desa menjadi desa membangun menempatkan desa sebagai subyek utama pembangunan. Untuk mendukung perubahan paradigma tersebut maka diperlukan

Materi:

  1. Ketentuan UU No 6/2014
  2. Perencanaan Pembangunan Desa
  3. Pengelolaan Keuangan Desa
  4. Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Wirausaha dan Financial Literacy
  5. Pengembangan Bumdes berbasis One Village One Product dan Integrated Value Chain

Pendampingan lokakarya yang dilakukan oleh LKPMD pada desa Patakbanteng dan desa Campursari di Kejajar Wonosobo serta di kampong Santan, desa guwosari, kecamatan Pajangan, Kab. Bantul merupakan langkah fasilitator dan pendamping untuk mampu mendukung dan membantu program pemberdayaan masyarakat desa terwujud.

Permasalahan yang ada di desa pada umumnya tidak ada pendamping/faslitator untuk melakukan pendampingan guna melakukan pengawasan terhadap program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, dirasa memberikan dampak besar terhadap pelaksanaan kegiatan program yang sudah ada. Selain kadang tidak terlaksananya kegiatan yang sudah direncanakan dan dianggarkan, permasalahan lain berupa tidak adanya rencana tindak lanjut setelah program tersebut diselesaikan menyebabkan program yang ada atau sudah dilaksanakan tidak mempunyai jangka waktu periode yang panjang dalam melakukan tindak lanjut kegiatan/program tersebut.

Diharapkan dengan adanya pendampingan/fasilitator tersebut, mampu mewujudkan dan merealisasikan kegiatan/program yang telah direncanakan maupun yang telah disusun dapat berjalan sesuai dengan harapan. Kemudian, dengan adanya pola pendampingan, masyakat desa mempunyai rencana tindak lanjut yang jelas pada kegiatan/program yang telah dilakukan sehingga dengan adanya pendampingan dirasa membantu masyarakat desa dalam melaksanakan rencana program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.