Untuk Membangun Desa, Visi dan Misi Harus Jalan Bersama

Berangkat dari mimpi Nawacita presiden terpilih, saat ini pemerintah Indonesia tengah mengupayakan pembangunan ekonomi nasional yang berakar dari dalam negeri dengan membangun desa.

“Melihat tagline presiden Joko Widodo, pemerintah ini akan membangun Indonesia dari pinggiran,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (UGM), Mudrajad Kuncoro, saat acara seminar “Persiapan Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa” di Yogyakarta.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Dashboard Ekonomika Kerakyatan (DEK) UGM dengan Lembaga Konsultan, Pengembang Software, dan Pelatihan, SYNCORE, Mudrajad mengatakan bahwa isu tentang desa sebenarnya sudah ada sejak era presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Menurutnya, sejak saat itu penerapan konsep tentang desa sebenarnya sudah cukup baik, namun masih ada beberapa hal yang harus dicermati terkait permasalahan – permasalahan yang ada dan solusi yang paling tepat.

“Ilmunya, visi tanpa aksi hanyalah mimpi. Sedang aksi tanpa visi hanyalah aktivitas. Jadi visi dan aksi harus berjalan bersama untuk membuat perubahan,” tambah beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.