Konsultasi dan Pendampingan Desa

A. LATAR BELAKANG

Setelah ditetapkannya Undang-Undang Desa No. 6 tahun 2014 terkait Dana Desa, maka peran Pembangunan Desa sangatlah penting guna mendukung ekonomi kerakyatan dan menjadikan Desa untuk dapat mandiri, sehingga Pemerintah memandang perlu adanya persiapan desa dalam menyambut Undang-Undang Desa tersebut.

Selain hadirnya Undang-Undang Desa tersebut, muncul permasalahan-permasalahan baru yang diantaranya yaitu Ketidaksiapan Desa dalam mengelola keuangan desa, belum adanya SDM yang kompeten untuk mengelola Desa, dan belum terbentuknya tata kelola pengelolaan Desa yang tepat.

Permasalahan ini dapat diatasi dengan adanya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa), dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB Desa) yang merupakan rencana persiapan desa dan pengelolaan keuangan desa dalam menyambut Undang-Undang Desa. Selain itu, perlu adanya pelatihan dan konsultasi untuk mempersiapkan SDM yang kompeten dalam mengimplementasikan Undang-Undang Desa. Ditambah dengan adanya pengelolaan dan pengembangan BUMDES disertai dengan Pendampingan Masyarakat Desa, membuat Desa secara langsung siap dalam menghadapi Undang-Undang Desa, sehingga Desa dikemudian hari dapat bertransformasi menjadi Desa Mandiri dan mampu untuk mengelola desa sendiri.

B. PENAWARAN  KONSULTASI & PENDAMPINGAN

Kami menawarkan untuk Konsultasi dan Pendampingan Desa dengan tema sebagai berikut:

Program 1 : Perencanaan Pembangunan Desa

Program 2 : Pengelolaan Keuangan Desa

Program 3 : Pengelolaan dan Pengembangan BUMDES

Program 4 : Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Program 5 : Monitor dan Evaluasi Pembangunan Pemberdayaan Desa

Artikel Terkait :

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa

Software Pengelolaan Keuangan Desa

 

Apabila anda tertarik dengan penawaran kami, anda dapat menghubungi di 0856-0890-0800 (Denny)

atau via email di deny@syncoreconsulting.com !

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.