BAGAIMANA KAMI MEMBANTU

BAGAIMANA KAMI MEMBANTU?

SIAPA KAMI?

Kami adalah jaringan konsultan desa yang diisioleh orang-orang berpengalaman yang selalu bersemangat dan termotivasi untuk memberikan nilai, manfaat, dan kontribusi kepada desa. Kami memfokuskan diri untuk menangani permasalahan terkait implementasi UU Desa no. 6/2014 yang ada di desa – desa seluruh Indonesia.

APA MASALAH DESA ANDA?

Apakah anda sudah mengetahui keterbatasan desa anda dalam mengimplementasikan UU Desa ? Atau apakah anda masih bingung mengenai konsep penerapan UU Desa di desa anda ? Janganbingung, tenang! Ketika anda sudah mengetahui atau bahkan sekarang masih bingung terkait penerapan UU Desa, karena ada kami LKPMD (Lembaga Kajian Pengembangan Masyarakat Desa) siap untuk memandu dan mengarahkan anda dalam implementasi UU Desa di desa anda.

Menurut kami, akar masalah implementasi UU Desa menuju Desa Mandiri ada 3 (tiga). Masalah pertama adalah konsep implementasi yang tidak jelas, karena tidak ada konsistensi dan sosialisasi terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa),  Pengelolaan Keuangan Desa, dan Program Pemberdayaan Masyakat Desa. Masalah kedua ialah tidak adanya system desa yang terintegrasi, apabila sebuah desa ingin berkembang dan maju, maka harus didukung oleh sistem IT yang terintegrasi. Tanpa sistem IT, makadipastikansebuahdesaakanter belenggu dan sulit untuk berkembang. Masalah ketiga adalah masalah yang sering umum dihadapi yaitu tidak ada SDM yang kompeten. Kami percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk dilatih, namun seringkali SDM memiliki masalah 3T (Tidak Tahu, Tidak Mampu, da Tidak Mau). Apakah desa di daerah anda mengalami masalah-masalah tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published.